Tips Jadi Penulis Pemula yang Plus

Apa itu penulis plus? Ya penulis yang nggak hanya menulis, tapi punya keahlian lainnya yang mendukung sebagai penulis. Apa itu?


Jadi Penulis Pemula yang Plus


1. Public Speaking


Tidak jarang, penulis dapat undangan untuk mengisi seminar atau pelatihan offline. Maka butuh keahlian public speaking, agar Anda juga semakin dikenal sebagai penulis.

2. Promosi Buku


Anda dapat memaksimalkan media sosial sebagai wadah untuk memperkenalkan karya kepada masyarakat luas. Bisa juga bekerja sama dengan media cetak untuk resensi, radio agar dapat on air.

3. Desain yang Menarik (calon) Pembaca


Jika Anda memilih menerbitkan lewat penerbit mayor, Anda dapat menyerahkan segalanya ke pihak penerbit. Namun, bagi Anda yang ingin memilih jalur indie dan tidak menggunakan jasa desain, ada baiknya mempelajari cara layout buku yang tepat serta membuat desain cover yang memikat calon pembaca.

4. Berjejaring dengan Penulis Lain


Menjadi penulis buku, bukan artinya Anda hanya perlu menulis dan mengirimkan naskah saja. Tapi, juga harus memiliki kenalan penulis lain. Tujuannya, untuk berbagi informasi, saling berbagi ilmu, hingga berjejaring. Jejaring teman penulis tadi bisa mendatangkan proyek buku baru atau berdampak pada penjualan buku Anda.

5. Memiliki Target di Dunia Penulisan


Anda ingin jadi penulis produktif? Salah satu caranya adalah punya target menulis. Berpapa buku yang ingin Anda tulis dalam setahun ini? Artinya, minimal berapa halaman yang harus Anda tulis setiap harinya?

Nah, Anda sendiri sudah mulai melakukan 5 hal tersebut?

Comments